Analisis dan Perancangan Sistem Smart Campus Monitoring Praktikum menggunakan Gamifikasi
DOI:
https://doi.org/10.33005/jifti.v3i2.62Keywords:
analisis dan perancangan sistem, gamifikasi, sistem monitoring praktikum, smart campus, UMLAbstract
Pada penelitian ini dilakukan analisis dan perancangan sistem smart campus untuk kegiatan monitoring praktikum dengan menerapkan unsur-unsur gamifikasi. Sistem monitoring praktikum merupakan otomatisasi dan dokumentasi proses kegiatan pelaksanaan praktikum pada setiap periode. Pengguna dari sistem merupakan mahasiswa dan asisten. Fitur-fitur yang ada pada sistem adalah login, praktikum, jadwal praktikum, rekap praktikum. Rekap praktikum meliputi rekap tugas yang dikerjakan dan nilai yang diperoleh. Metode analisis dan perancangan sistem dengan pendekatan berorientasi obyek menggunakan Unified Modelling Language (UML). Konsep perancangan gamifikasi yang digunakan adalah user-centered design, yaitu mahasiswa. Unsur-unsur gamifikasi yang dimasukkan ke dalam sistem adalah poin, misi, leaderboard dan levelisasi. Poin diperoleh ketika pengguna telah menyelesaikan misi. Ada tiga misi dalam sistem ini yaitu mengisi presensi, membuka materi dan mengirimkan tugas. Leaderboard menunjukkan peringkat perolehan poin pengguna dalam mata kuliah praktikum. Levelisasi dalam sistem merupakan representasi modul-modul pada praktikum. Hasil yang diperoleh adalah dokumentasi dari analisis dan perancangan sistem yang meliputi rancangan sistem, rancangan basis data (database) sistem dan rancangan antarmuka sistem. Dokumentasi ini merupakan blueprint sistem yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan sistem monitoring praktikum dengan gamifikasi berbasis web.