Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Data Penjualan Makanan Terlaris Dengan Algoritma C45
DOI:
https://doi.org/10.33005/jifti.v2i2.33Keywords:
penjualan, data mining, klasifikasiAbstract
Pada penelitian ini terdapat permasalahan terhadap data penjualan pada Rumah burger yang mengalami kesulitan mendapatkan informasi strategis seperti tingkat penjualan per periode atau makanan terlaris. Berdasarkan permasalahan dibuatlah analisa data mining pada data penjualan di rumah burger. Ketersedian data yang banyak dan kebutuhan akan informasi atau pengetahuan sebagai pendukung pengambilan keputusan untuk membentuk solusi bisnis. Penggunaan Teknik data mining diharapkan dapat membantu mempercepat proses pengambilan keputusan, memungkinkan perusahan untuk mengelola informasi yang terkandung didalam data transaksi menjadi pengetahuan yang baru dan tak secara langsung mengetahui data warehouse menjadi data mining. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengimplementasikan algoritma C4.5 untuk klasifikasi penjualan makanan laris dan tidak laris dan Menghitung tingkat akurasi algoritma C4.5 dalam melakukan klasifikasikan penjualan makanan.