Identifikasi Kebutuhan Bisnis dengan Value Chain untuk Perancangan Smart Campus pada Perguruan Tinggi Swasta

Authors

  • Shofiya Syidada
  • Emmy Wahyuningtyas

DOI:

https://doi.org/10.33005/jifti.v1i2.20

Keywords:

lingkungan bisnis internal, kebutuhan bisnis, rencana strategis, smart campus, value chain

Abstract

Smart campus merupakan sarana bagi Perguruan Tinggi (PT) untuk memenangkan kompetisi pada era industry 4.0. Sistem smart campus membantu PT dalam memberikan pelayanan yang cepat, akurat dan real time bagi seluruh civitas akademiknya. Akan tetapi investasi penerapan smart campus memerlukan biaya yang besar sehingga diperlukan sebuah rencana strategis yang cerdas. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, rencana strategis perancangan smart campus harus diselaraskan dengan kebutuhan bisnis PT. Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi kebutuhan bisnis pada PT. Potensi kebutuhan bisinis diperoleh dengan melakukan analisis value chain terhadap lingkungan bisnis internal PT, yaitu dengan memetakan aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing bagian pada diagram value chain. Hasil analisis value chain menunjukkan aktivitas bisnis pada PT berdasarkan tujuan, sasaran dan program strategis PT. Aktivitas ini digolongkan menjadi dua, yaitu aktivitas utama dan pendukung. Aktivitas utama merupakan tridharma PT meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Fungsi pendidikan meliputi seluruh aktivitas mulai dari penerimaan mahasiswa baru sampai kelulusan. Sedangkan aktivitas pendukung meliputi aktivitas manajemen keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana, serta manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Downloads

Published

2019-12-05

How to Cite

Syidada, S., & Wahyuningtyas, E. . (2019). Identifikasi Kebutuhan Bisnis dengan Value Chain untuk Perancangan Smart Campus pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Robotika, 1(2). https://doi.org/10.33005/jifti.v1i2.20